Red Secret Diary

Masih Sayang, tapi Sudah Nggak Cinta

11 May 2011 redlady 29 Comments Category : , ,


Banyak pasangan kekasih maupun yang telah menikah merasakan hubungan yang mulai datar-datar saja. Hal ini biasanya dialami ketika hubungan telah berjalan sekian tahun, bahkan tanpa banyak mengalami persoalan. Lalu Anda mulai shock ketika dalam suatu dialog, si dia mengungkapkan, "I love you, but I'm not in love with you anymore."

Apa makna dari ungkapan ini? Meskipun diawali dengan kata "I love you", tetapi mengapa rasanya kita tetap kehilangan? Walaupun Anda menyadari antara Anda dan dia sudah tak ada getaran-getaran lagi, tapi kok rasanya sayang jika mengakhiri hubungan ini?

Laki-laki atau perempuan mungkin akan menanggapi ungkapan itu dengan berbeda. Bagi laki-laki, maknanya sederhana: hubungan harus diakhiri karena ia sudah nggak jatuh cinta lagi pada Anda. Bahwa ia tak lagi menatap Anda dengan cara yang sama seperti dulu ketika baru mulai berdekatan. Di sisi lain, perempuan akan memandang pernyataan tersebut sebagai ultimatum. Bisakah membangkitkan lagi rasa berdebar seperti ketika mereka masih dalam tahap "in love" itu? Bagaimanapun juga, Anda masih sayang padanya, dan ia pun begitu. Tak adakah cara untuk membuat agar hubungan ini tak harus berakhir?


Maggie Arana dan Julienne Davis dalam bukunya, Stop Calling Him Honey and Have Sex, menuliskan suatu konsep bahwa ketika pasangan merasakan kedekatan dan menerimanya sebagai sesuatu yang sudah sewajarnya terjadi, hal itu akan membunuh nafsu dan gairah. Melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil bersama, memanggil pasangan dengan nama sayang, atau mengenal seseorang terlalu baik, ternyata juga bisa menyebabkan hasrat itu menguap.

Hasrat bisa menghilang ketika pasangan sudah merasa lebih sebagai sahabat, atau kakak dan adik. Kebersamaan Anda sudah didefinisikan sebagai pertemanan, dan bukannya gairah. Dengan berjalannya waktu, Anda berdua pun mengeluhkan masalah yang itu-itu saja. Misalnya, Anda merasa suami seharusnya sudah bisa membaca pikiran Anda ketika Anda mencuci piring dengan suara gaduh. Ternyata, ia cuek saja sambil terus asyik menonton televisi. Ia sih tak menolak jika Anda memintanya membantu. Hanya saja Anda bosan jika setiap kali harus meminta, mengingatkan. Maunya, ia sudah mengerti apa yang Anda kehendaki tanpa Anda minta.

Ketika sedang menyusun bukunya, I Love You But I’m Not in Love with You: Seven Steps to Saving your Relationship, Andrew G. Marshall mengadakan suatu riset. Ia menanyai sejumlah pasangan mengenai problem yang mereka hadapi sehingga harus mengikuti konseling pernikahan. Hasilnya, 47 persen mengatakan sudah tak ada gairah, dan 43 persen mengungkapkan, mencintai pasangan namun tidak lagi jatuh cinta.

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai problem yang paling membuat mereka sedih, 26 persen mengatakan "kesulitan memahami sudut pandang pasangan", 25 persen mengatakan "terlalu sering bertengkar", dan 24 persen kembali mengatakan "mencintai pasangan, tapi tidak lagi jatuh cinta".

Riset ini mendukung observasi Marshall di klinik terapi pernikahannya. Pasangan yang memilih problem "mencintai pasangan, tapi" ternyata juga cenderung memilih "terlalu sering bertengkar" dan yang lebih netral seperti "kesulitan memahami sudut pandang pasangan". Ketika seseorang tak bisa mengungkapkan perasaannya, meskipun menyangkut hal-hal kecil, hubungan bisa memudar. Lama-kelamaan, seluruh emosi jadi tumpul.

Bagi pasangan seperti ini, dilema yang akan dihadapi sangat menyakitkan. Orang yang mulai kehilangan percikan-percikan cinta itu masih sangat menyayangi pasangannya, dan jelas tak mau menyakiti hatinya. Bagi mereka mengakhiri hubungan adalah jalan keluar yang terbaik.

Namun, tidak lagi merasakan getaran cinta tidak selalu berarti Anda harus mengakhiri hubungan. Hal itu bisa menandakan bahwa sudah waktunya bagi Anda melakukan perubahan. Justru, jadikan tanda-tanda ini sebagai kesempatan untuk memulai sesuatu yang baru dan memperkuat hubungan Anda. Hubungan yang paling memuaskan adalah ketika kedua pihak ingin terus berkembang dan tumbuh bersama. Mungkin Anda harus sedikit bekerja keras, tapi hasilnya tak ternilai, lho.

Sumber: Hybrid Mom

RELATED POSTS

29 comments

  1. jadi intinya harus bagai mana tuh gan ?
    makasih
    karna saya sudah lama pacaran tapi pas lama-lama dia bilang aku sayang sama kamu tapi aku gak cinta sekarang tuh, jadi menghadapinya bagai mana toh gan

    ReplyDelete
  2. sayang bukan berarti harus selalu cinta, hehehehe realita kehidupan

    ReplyDelete
  3. Simpel aja komennya..., kok bisa?

    ReplyDelete
  4. Ya iyalah bisa... Kan ada bedanya antara cinta dan sayang... Tapi, tipissss bangetzz...

    ReplyDelete
  5. klo cinta dah pasti sayang...tapi kalo sayang blom tentu cinta...wkwkkw

    ReplyDelete
  6. jadi kayak hubungannya udah mencapai titik stabil ya. stagnan dan membosankan. bisa disiasatin tapi kan ya sebenernya, biar kayak bulan madu lagi... hihihi

    ReplyDelete
  7. yapz,,,
    memang terkadang kita merasakan hal tersebut,namun kita harus bisa mengatasinya sebaik mungkin,,

    ReplyDelete
  8. bingung juga klo dah berada di situasi seperti ini...
    hmmm

    ReplyDelete
  9. Yang pasti cinta dan sayang tuh hampir berdekatan,,,,
    makanya terkadang kita suka bingung juga,ini cinta atau sayang...??
    heu

    ReplyDelete
  10. Usahakan buat hubungan sebaik mungkin, saling menjaga perasaan masing-masing,,, pilih jalan yang terbaik buat keduannya,,

    ReplyDelete
  11. makasih atas informasinya. . . . saya banyak belajar tentang ini dan situs ini benar-benar berguna buat saya. . . dan situs ini sangat menarik sekali. . .

    jangan lupa lihat juga blog saya. .

    http://aboutinstallationlinux.blogspot.com/

    terimakasih. . .

    ReplyDelete
  12. makasih atas informasinya. . . . saya banyak belajar tentang ini dan situs ini benar-benar berguna buat saya. . . dan situs ini sangat menarik sekali. . .

    jangan lupa lihat juga blog saya. .


    terimakasih. . .

    ReplyDelete
  13. ini sperti yang saya alami, sudah berhubungan lama dan sekarang ditimpa dengan kejenuhan. ingin sekali mengakhiri semuanya, tapi saya ga rela jika dia bersama dgn yang lain.. \huhh/
    mksih bnyak atas masukannya,
    berubah dan berubah !!

    ReplyDelete
  14. Thnks broo,...sekalian curhat ya..
    pertama we biasa sama cewe dan cewe itu selalu ngejar2 we tapi we biasa aja, entah kenapa pas dia gak ngejar2 we lagi. we malah suka ma tu cewe tapi malu tuk utarain prasaan we nih...g mana ya broo..??

    ReplyDelete
  15. naas juga ya kalo masih sayang tp sudah ga cinta.. terimakasih renungannya menarik :D

    ReplyDelete
  16. haduhh jadi memebingungkan kalau udah seperti ini
    hhhe

    ReplyDelete
  17. sudah biasa....dalam hal percintaan

    ReplyDelete
  18. sayang itu sama dengan cinta gak sih? :)

    ReplyDelete
  19. menurut saya itumah kurang berkomonikasi,coba aja kalo lagi berduan serink untuk masa deapannya gemana insa allah gak akan ada masalah.itu udah aku buktikan sendiri.

    ReplyDelete
  20. lagi galau kali yah, anak muda skrg kan pada sesuatu

    ReplyDelete
  21. iya saya juga merasakan hal yang serupa

    ReplyDelete
  22. info yang mantap gan untuk disimak gan
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  23. info yang bagus gan
    thanks for all information

    ReplyDelete